Pelatihan Pemasaran Secara Daring pada Kelompok Rajut Sejahtera, Kotabaru, Yogyakarta

Authors

  • Marcellino Aditya Mahendra Desain Produk, Universitas Kristen Duta Wacana
  • Winta Tridhatu Satwikasanti Desain Produk, Universitas Kristen Duta Wacana
  • R. Tosan Tri Putro Desain Produk, Universitas Kristen Duta Wacana

DOI:

https://doi.org/10.21460/sendimasvi2021.v6i1.1

Keywords:

Pemasaran Daring, Pembentukan brand, Pendaftaran HKI, Pelatihan Fotografi, Kelompok Rajut Sejahtera.

Abstract

Setiap Kondisi pandemi Covid-19  membuat segala lini masyarakat untuk bersikap lebih adaptif. Tidak terkecuali Kelompok Rajut Sejahtera yang ada di Kotabaru, Yogyakarta. Kelompok Rajut Sejahtera (Ratra)merupakan kelompok rajut yang beranggotakan ibu-ibu kompleks Asrama Kompi Kotabaru. Ratra telah menghasilkan produk-produk rajut hasil buatan tangan ibu-ibu, seperti sepatu, tas, boneka, dan berbagai produk rajut lainnya. Dengan kondisi pandemi covid-19 yang memaksa kegiatan pameran tidak bisa dilakukan, maka ibu-ibu  Ratra perlu untuk melakukan beberapa penyesuaian dalam usaha memasarkan produk-produknya. Pemasaran secara daring akan memperluas jangkauan pemasaran produk rajut Ratra. Namun untuk bisa melakukan pemasaran secara daring baik dalam media sosial sampai pada kanal perdagangan elektronik, diperlukan brand yang khas, pendaftaran HKI sebagai perlindungan yang legal , serta dokumentasi produk yang baik. Tiga aspek ini akan berikan dalam rangkaian pelatihan pemasaran, diharapkan ibu-ibu anggota Kelompok Rajut Sejahtera (Ratra) dapat memasarkan produk rajutnya dengan aman dan mandiri secara daring, dan dapat menjadi tambahan dana bagi Kelompok Rajut Sejahtera dimasa pandemi Covid-19 ini

References

Ahmadi, C. dan Hermawan, D. (2014), E-business dan E-commerce, Andi Offset, Yogyakarta.

Barnbaum, B. (2017). The Art of Photography: A Personal Approach to Artistic Expression 2 (2nd ed.). Rocky Nook.

Dur, B. İ. U. (2014). Interactive Infographics on the Internet. Online Journal of Art & Design, 2(4), 1–14. http://www.adjournal.net/articles/24/241.pdf

Irmawati, Dewi. 2011. Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis- 193, 2015. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis. Edisi ke-VI. November 2011.

Kumalasari, H., Pratiwi, P., & Utami, B.S. (2020). Brand Identity Untuk Kampung Singkong Salatiga Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Merek. 8(1), 1–9.

Madncoms, (2011), Sukses Membangun Toko Online dengan E-commerce, Andi Offset, Yogyakarta.

Murdjito, G. (2012). Metoda Pengabdian Pada Masyarakat. Materi Pelatihan Metodologi Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2012.

Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun

Brand. Humaniora, 4(1), 191. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3429

Pradana, Mahir. 2015. Klasifikasi Jenis-Jenis Bisnis E-Commerce Di Indonesia. Jurnal Neo-bis. Vol. 9. No.2. Desember 2015.

Shabur, Miftah Maulana, dkk. 2015. Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Sudi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 29 No. 1 Desember 2015.

Wahyuningsih, C. Di. (2020). Kenormalan Baru dan Perubahan Sosial dalam Perspektif Sosiologi. Majalah Ilmiha FISIP UNTAG Semarang, 1(21), 104–122.

Published

14-02-2022

How to Cite

[1]
Aditya Mahendra, M., Tridhatu Satwikasanti, W. and R. Tosan Tri Putro 2022. Pelatihan Pemasaran Secara Daring pada Kelompok Rajut Sejahtera, Kotabaru, Yogyakarta. Sendimas 2021 - Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat . 6, 1 (Feb. 2022), 408–414. DOI:https://doi.org/10.21460/sendimasvi2021.v6i1.1.